TIPS JALAN-JALAN HEMAT DAN BAHAGIA DI LOMBOK

Berbagilah walaupun sedikit, karena dengan berbagi engkau tidak akan merasa kekurangan.

Pengalaman tinggal dan jalan-jalan selama sepuluh hari di Lombok dapat membantu saya menulis tips jalan-jalan hemat dan bahagia ini. Hemat tidak hanya berarti menekan pengeluaran, tapi juga melakukan tindakan yang tepat dan sedikit menambah usaha untuk mengurangi pengeluaran.

Semua yang ditulis di bawah ini pada umumnya sudah saya lakukan, dan sebagian lagi pengalaman dari teman-teman yang saya temui di Lombok, tepatnya di Rumah Singgah Lombok Backpacker. Poin-poin penghematan yang dapat dilakukan adalah.

1.   Akomodasi

Rumah Singgah Lombok Backpacker adalah salah satu pilihan untuk tinggal selama di Lombok. Datangilah dan rasakan kehangatan sambutan dari Bapak, Mamak, dan anggota Lombok Backpacker, serta di sini juga dapat menikmati masakan khas Lombok. Mengenai biaya tinggal di sini tidak perlu dirisaukan, jika ingin membantu sebagai biaya air dan listrik silahkan seikhlasnya, jika tidak cukuplah anggap sebagai rumah sendiri. Karena itu jangan sungkan untuk mencuci piring atau gelas kotor, menyapu rumah, menguras bak dan kegiatan lain layaknya di rumah sendiri, dan tentu saja menjaga keamanan dan kenyamanan.

Selain dari akomodasi di Rumah Singgah anda juga akan mendapatkan referensi mengenai tempat-tempat  wisata di Lombok, informasi penyewaan kendaraan, tempat makan, relasi sesama traveller, dan bisa juga dapat travelmate untuk trip selanjutnya, jika lebih beruntung travelmate dapat meningkat jadi lifemate a.k.a pasangan hidup. Jadi jangan takut untuk datang sendiri ke Lombok. Selain itu teman-teman dari Lombok Backpacker dengan senang hati akan menemani anda ke tempat-tempat wisata dengan cuma-cuma, jika mereka ada kesempatan tentunya.

Rumah Singgah Lombok Backpacker


2.   Transportasi

Menyewa kendaraan tentu adalah pilihan bijak selama di Lombok, lokasi yang cukup jauh dari satu tempat wisata ke tempat lainnya dan belum tersedianya transportasi umum yang mencukupi adalah alasannya. Jika ingin lebih hemat dan cepat motor adalah pilihannya dengan tarif 60 ribu/hari, sedangkan jika menginginkan kenyamanan mobil dapat jadi pilihan dengan tarif 250 ribu/hari belum termasu BBM dan driver. Agar lebih hemat lagi, disarankan menyewa motor manual karena jalan ke tempat-tempat wisata yang berkelok-kelok dan naik-turun.

Sebagai perbandingan, waktu saya dan rombongan ke Tanjung Beloam dan sekitarnya. Kami sama-sama mengisi fulltank bensin motor sebelum berangkat. Bensin motor manual yang saya kendarai masih cukup sampai di rumah, sedangkan motor matic teman harus diisi pada setengah jalan perjalanan pulang.

Tidak seperti di Bali, di mana motor sewaan bisa serah terima di Bandara, saya belum menemui sewa kendaraan di Lombok yang bisa serah terima di bandara atau di pelabuhan. Jika ada, tentu saja itu dapat lebih mengurangi pengeluaran.

3.   Konsumsi

Salah satu pengeluaran yang tidak bisa dihindari selama jalan-jalan adalah konsumsi. Namun di Lombok, pengeluaran untuk konsumsi dapat lebih ditekan. Nasi Balapan adalah pilihan yang tepat untuk berhemat dari sarapan sampai makan malam. Nasi dengan lauk daging ayam suir, ikan pindang, potongan tempe, sayur, dan mie goreng dapat dinikmati dengan harga empat sampai lima ribu/bungkus. Penilaian pribadi saya tentang rasa nasi Balapan ini cukup enak, dan lebih terasa enak jika dimakan setelah berenang sepuasnya.

Jika ingin menikmati ikan bakar, anda dapat membeli ikan segar yang ditangkap nelayan lalu dibakar di Rumah Singgah beramai-ramai. Tentu sangat nikmat, bukan. Hal ini dilakukan oleh beberapa teman sepulang dari Gili Kondo, ikan tongkol seharga empat puluh ribu dapat dinikmati oleh sekitar lima belas orang dengan sambal pedas buatan Mamak. Hmmmmm.

4.   Oleh-oleh

Tentu saja keluarga dan teman-teman sering menitip oleh-oleh jika anda mau jalan-jalan. Jika ke Lombok mungkin mereka ingin dibelikan kaos atau songket Lombok. Lalu bagaimana cara berhemat dalam hal ini?

Jika anda ingin membeli oleh-oleh semacam kaos, songket, tas, serta perhiasan dari mutiara, semuanya dapat dibeli di Rumah Singgah. Mamak telah menyediakan semuanya dengan tujuan membantu para traveller agar lebih mudah mendapatkan oleh-oleh khas Lombok tanpa harus menyediakan waktu khusus ke pusat oleh-oleh. Mengenai harganya tidaklah lebih mahal dari pusat oleh-oleh. Saya memang belum membuktikan, tapi beberapa teman sudah membuktikan kalau harga oleh-oleh di Rumah Singgah ada yang lebih murah daripada di pusat oleh-oleh.

Hemat di sini tidak hanya dalam masalah harga, tapi juga waktu. Apalagi bagi anda yang hanya memiliki waktu 2-3 hari di Lombok tentu belum cukup untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di sana.

5.   Itinerary

Ini adalah bagian penting lainnya dari penghematan. Ke manapun anda ingin jalan-jalan, penyusunan itinerary atau rencana perjalanan haruslah dibuat dengan tepat berdasarkan pertimbangan waktu, biaya, dan tenaga. Rencana perjalanan yang tepat akan membuat perjalanan lebih hemat dari ketiga aspek di atas.

Di Lombok misalnya, anda dapat memasukan Tanjung Beloam, Tanjung Ringgit, dan Pantai Pink dalam satu hari perjalanan. Atau menyelipkan untuk menikmati sunset di Pantai Senggigi sepulangnya dari Gili Trawangan, atau jika masih kuat dan memiliki cukup waktu, sepulangnya dari Gili Trawangan bisa dilanjutkan ke air terjun Tiu Kelep.

6.   Lain-lain

Pada bagian ini saya akan tuliskan langkah penghematan yang saya dan teman-teman lakukan ketika mengunjungi Gili Trawangan. Dari informasi yang kami terima, biaya konsumsi di Gili Trawangan sedikit lebih mahal daripada tempat-tempat lain di Lombok, dan ternyata benar.

Berikut ini adalah cara kami berhemat selama 1 hari 1 malam di Gili Trawangan dengan rombongan sebanyak 10 orang. Kami sampai di pelabuhan Bangsal sekitar jam 11 siang, sebelum berangkat kami membeli nasi Balapan di luar komplek pelabuhan untuk makan siang seharga 5 ribu/bungkus dan 5 botol air mineral ukuran 1,5 liter seharga 5 ribu/botol.

Makan malam kami pilih di Pasar Seni, di sana tersedia menu mulai dari harga 15 ribu tanpa air minum, jika mau bawa minum sendiri silahkan, kalau tidak di sana tersedia air mineral 1,5 liter seharga 10 ribu/botol. Kami waktu itu memutuskan membeli 2 botol untuk bersepuluh. Salah satu tempat termurah membeli air mineral adalah di warung kecil ke arah sunset point, di sana kami membeli air mineral 1,5 liter seharga 7 ribu/botol. Untuk sarapan setiap pagi ada ibu-ibu bersepeda menjual minuman hangat dan nasi Balapan, biasanya nasi ditawarkan seharga 10 ribu/bungkus, tapi bisa juga dipesan seharga 5 ribu dengan lauk seadanya. Dengan cara menawarpun harga jagung bakar yang dijual 10 ribu/tongkol dapat menjadi 15 ribu untuk 2 tongkol.

Penginapan kami memilih di Secret Garden, tidak jauh dari dermaga. Kamar yang kami pilih adalah kamar khusus backpacker dengan tarif 50 ribu/ranjang. Dalam kamar tersedia empat ranjang tingkat dua, AC, toilet, wastafel, shower dan kamar mandi tanpa pintu, karena hanya ditutupi dengan kain semacam gordyn.
 
Perjalanan adalah pilihan, termasuk cara menikmatinya 
Perjalanan adalah pilihan, termasuk cara melakukannya. Saya melakukan penghematan ketat mengingat jauh dan lamanya perjalanan keliling Indonesia yang sedang saya jalani. Semua tips di atas bisa juga dapat anda lakukan, atau cukup dijadikan sebagai referensi. Karena perjalanan memiliki cara masing-masing untuk dijalani, termasuk walaupun tidak anda pilih sekalipun.


Selasa, 24 Maret 2015. Bima

7 komentar:

  1. secret gardennya menarik untuk dicoba

    sebagai orang yang tinggal di lombok, saya udh lama sekali ga ke gili trawangan.. terlalu rame dan mahal soalnya.. hehehe

    ditunggu tulisan tentang labuan bajo nya

    BalasHapus
  2. Benar, Gili Trawangan terlalu ramai dan mahal.Masalah keindahan pulau dan bawah lautnya masih banyak Gili lain yang lebih bagus. Mulai bulan depan saya akan posting tulisan tentang Labuan Bajo

    BalasHapus
  3. Yuk berlangganan tiket pesawat bersama kami di travelevan.com.
    Kami menawarkan harga murah, cara pembayaran mudah dan gak pake ribet. Berlaku 24 jam penuh. Silahkan kunjungi website kami atau hubungi wina di 082166493185

    BalasHapus
  4. Hay abang Guri, akhirnya main ke blogmu. Aku sedang rindu Lombok, baca beberapa tulisanmu aku makin rindu. sepertinya tipsmu ini bisa digunakan waktu aku nanti kesana lagi.

    Sudah sampai dimana sekarang? semoga sehat selalu ya kamu di perjalanan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ismi
      Kenapa kamu bisa tiba-tiba kangen Lombok?
      Lombok memang menarik buat ku.
      Aku sekarang di Kampung Komodo, tinggal di sini sampai akhir September. Terima kasih yah doanya.
      Tabik!

      Hapus
    2. Lombok selalu istimewa buatku bang.
      disana aku pertama kali travelling sendirian, walaupun cuma dua minggu tapi menyenangkan, dan bermakna. sejujurnya aku ketagihan solo travelling :)
      sama sama

      Hapus
  5. Mohon info dong rumah singgah nya, aku kelombok tanggal 23 januari besok, terimakasih.. add Line aq kartika_martha

    BalasHapus