CATATAN BULAN KEEMPAT PERJALANAN: KEBAHAGIAAN



Happiness only real when shared~ Alexander Supertramp

Tidak terasa sudah memasuki bulan kelima perjalanan keliling Indonesia yang sedang saya lakukan ini. Sudah enam minggu saya tinggal di Tololai dan mengajar di MIS Darul Ulum. Kegiatan yang begitu banyak menyita waktu dan sangat menyenangkan. Mungkin karena itu enam minggu ini terasa berlalu begitu saja.
 
Tertawalah jika itu dapat membuatmu bahagia

Selama enam minggu itu juga saya mendapatkan kesempatan mengunjungi beberapa objek wisata di Bima, seperti mendaki gunung Tambora, mengunjungi komplek Uma Lengge, perjalanan menantang ke Pulau Ular, dan melihat koleksi kesultanan Bima di museum Asi Mbojo. Semua itu tentu memberikan kebahagiaan saat dan setelah menjalaninya. Karena itu saya ingin berbagi perasaan bahagia ini dengan siswa-siswa Darul Ulum.

Ide untuk mengajak jalan-jalan saya sampaikan kepada ibu Lis sebagai kepala sekolah, lalu disetujui oleh bang Alan ketua yayasan. Kamis kemarin kami pilih sebagai waktunya untuk jalan-jalan. Paginya semua siswa nampak menggunakan pakaian terbaik yang mereka miliki. Keceriaan memancar dari wajah-wajah mungil mereka. Semua kelihatan bersemangat, ingin segera berangkat. Begitu bus yang akan membawa mereka datang, mereka langsung menyerbu, hingga para guru kewalahan mencegahnya.
 
Beginilah kalau foto dengan teman sebaya
Di museum mereka begitu antusias melihat koleksi yang tersimpan di sana dan menanyakan informasinya. Beberapa siswa menarik-narik tangan dan baju saya agar ditemani melihat koleksi dan menceritakan informasinya. Selain itu mereka juga saling berebutan minta difoto ketika saya mengeluarkan hape dari kantong. Saya harus merelakan kepala dan punggung ditindih dan wajah saya tidak kelihatan saat foto dengan mereka, semua mengerubungi dan ingin berada sangat dekat.

Kata-kata Alexander Supertramp dalam film Into the Wild di atas begitu terasa nyata. Saya menjadi begitu bahagia hari itu, melebih kebahagiaan pertama kalinya mengunjungi museum yang sama. Ya, kebahagiaan akan terasa lebih nyata ketika ia dibagi. Semoga kalian juga bahagia saat membaca tulisan ini.
 
Selfie bareng travelmate

Jumat, 1 Mei 2015. Bima

5 komentar:

  1. Ayo terus berbagi agar makin terasa kebahagiaan nya, berbagi lewat tulisan berbagi ilmu dan berbagi kenikmatan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mas, terima kasih sudah berkunjung ke sini.

      Hapus
  2. sharing is caring, makin sering berbagi makin bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mas, terima kasih ikut berbagi di sini.

      Hapus
  3. saya pun ikut tersenyum ketika membacanya :)

    BalasHapus