CATATAN BULAN KETUJUH PERJALANAN: MENSYUKURI MASA LALU


Juli berlalu dengan cepat. Dua kejadian besar terjadi di dalamnya; ulang tahun dan lebaran. Perjalanan yang sedang dilakukan telah menjadi kado terhebat untuk ulang tahun kali ini, sedangkan lebaran kali ini adalah kali ketiganya merayakannya tidak bersama keluarga. Pada bulan Juli ini juga saya merasa sangat bersyukur dengan masa lalu yang telah dilewati.


Saya percaya keadaan sekarang ini terbentuk dari keadaan-keadaan sebelumnya. Kejadian pada masa lalu mempengaruhi kejadian saat ini, dan kejadian saat ini akan mempengaruhi kejadian pada masa yang akan datang.

Pada sepuluh hari terakhir bulan Juli saya bekerja di Divers Paradise Komodo. Berawal dari membantu mengantarkan pesanan bunga ke rumah pemiliknya, saya ditawari pekerjaan tetap. Pekerjaan awal di sana sebagai tukang kebun, lalu beralih jadi pembuat bingkai banner, dan terakhir mengamplas dan mengecat huruf-huruf dari kayu.

Pekerjaan yang dijalani inilah yang membuat saya mensyukuri masa lalu. membuat saya mendapat tanggapan “very good” dari bapak Wolfgang, setelah membuat taman baru di samping kantornya. Setelah itu beliau memberi tugas selanjutnya membuat pagar kayu di samping taman. Pengalaman membantu orang tua membuat pagar kebun adalah modal berharga dalam menyelesaikan pekerjaan ini. Tanggapan dari bapak Wolfgang kembali membuat saya tersenyum senang pada akhir pekerjaan. Pengalaman membuat mobil kayu mainan dan membuat bingkai lukisan sendiri untuk pelajaran kesenian, membuat saya yakin mengerjakan bingkai dan memasang banner yang merupakan pekerjaan selanjutnya. 

Now Playing:  Lost Stars ~ Adam Levine

Masa kanak-kanak yang dijalani di kampung membentuk saya untuk membuat mainan sendiri, mengerjakan tugas kesenian sendiri, dan berkebun sendiri. Ujung jari yang menghitam karena pukulan palu yang meleset atau tangan luka karena parang dan gergaji adalah resiko kecil pada waktu itu, namun memberikan pengalaman berharga dan jadi keahlian pada saat ini.

Pengalaman-pengalaman dari kejadian masa lalu berdatangan pada hari ini. Pengalaman itu membentuk hari ini dengan caranya sendiri. Menciptakan keyakinan untuk bisa melakukan hal yang sama. Membuatnya menjadi lebih baik dengan perngembangan. Hal inilah yang membuat saya sangat mensyukuri masa lalu yang bermain dengan alam, bekerja membantu orang tua dan membuat mainan sendiri. Hari ini memang tidak bisa memperbaiki hari-hari yang telah berlalu, tapi hari-hari yang telah berlalu dapat memperbaiki hari ini.

Tabik!

Selasa, 4 Agustus 2015. Labuan Bajo


4 komentar:

  1. Fotonya keren banget bang...Sumpah... fotonya kerenn...

    BalasHapus
  2. Mas di labuan bajo ada rumah singgah?

    BalasHapus
  3. Pls contact me at mail ridho dian.chandra2011@gmail.com

    BalasHapus